Kejutan Ulang Tahun

16.56 Rizka Ilma Amalia 36 Comments


Happy birthday my best, happy for you my friend
Make a wish and I will give you a kiss, mwaah!
Happy birthday my best, happy for you my friend
I wish you all the best! Mwaah! Mwaah!

Lagu “Birthday Kiss” dari Cherry Belle. Aku suka sama lagunya. Soalnya ada cium-ciumnya gitu. Lucu. Hehe. ._.

***

Akhir-akhir ini banyak teman aku yang bertambah tua. Iya, ceritanya ulang tahun gitu. Aku, sih, turut berbahagia aja, selama masih ada traktiran. Untuk anak kos seperti aku, dibutuhkan banget momen-momen kayak begitu. Apalagi di akhir bulan, makan gratis. Kan lumayan, irit pengeluaran. Ini juga yang disabdakan oleh nenek moyangku:

“Carilah teman sebanyak-banyaknya dengan tanggal dan bulan lahir yang berbeda, niscaya kau akan sejahtera.”

Sip.

Salah satu budaya di Negara kita, ketika sedang ada teman yang berulang tahun, yaitu ‘kasih kejutan’. Kejutan ini ada banyak macamnya, tergantung pribadi setiap orangnya. Ada teori begini:

“Semakin gesrek seseorang, semakin gila kejutannya.”

Kasih kejutan di hari ulang tahun itu boleh. Yang nggak boleh itu, kasih kejutan di hari ulang tahunnya sambil nyulik ayam tetangga, tetangganya nenek-nenek, dan nenek-neneknya anak yatim pula. Beuh. Dosa. Durhaka. Masuk neraka. Astagfirulloh.. Selama kasih kejutannya masih berperikemanusiaan, sih, nggak masalah. Iya nggak? Iyain aja udah. Biar cepet.

Di sini aku mau berbagi beberapa cerita kejutan di hari ulang tahun yang masih sedikit agak lumayan berperikemanusiaan. Mungkin ceritanya aneh dan nggak jelas. Kalau bingung, nanti kalian bisa tanya sama yang bersangkutan.


1.  Sesuai Musim
Ini kejutan di hari ulang tahun sahabat aku sejak SMA dan salah satu personil dari #FourMTM (kapan-kapan aku ceritain tentang #FourMTM), namanya Amel. Ceritanya bulan Februari kemarin, pas banget waktu anak kuliah lagi pada libur, jadi pada pulang kampung gitu, kecuali Sakinah (dia salah satu personil #FourMTM juga). Kesempatan, nih, buat aku sama Tiwi ngasih kejutan ke Amel. Karena waktunya mepet banget sama tanggal masuk kuliah, jadi rencananya aku sama Tiwi ini akan balik lagi ke tempat rantauan setelah memberi kejutan buat Amel. Ehm, so sweet, kan? *kibas poni*

Aku sama Tiwi ini bingung mau ngasih apaan. Kita pengin yang anti-mainstream gitu. Songong emang. Berhubung di Lampung waktu itu lagi musim duren dan rambutan, jadi pagi-pagi kita beli buah-buahan dan atribut yang lain. Untuk menghemat waktu, aku yang membeli atribut buat bikin tulisan ucapan dan Tiwi yang membeli buah-buahannya. Setelah selesai membeli, aku ke rumah Tiwi, kita mempersiapkan semuanya di sana. Sekitar jam sebelasan, semuanya udah selesai, aku sama Tiwi langsung pergi ke rumah Amel naik motor.

Selama di motor, sampai saat memasang lilin di atas duren, kita nggak bisa menghindari tatapan aneh dari orang-orang. Ini semua karena kita baru beli lilinnya, jadi baru dipasang di depan rumah Amel --- pas di pinggir jalan. Mungkin yang ada di benak mereka seperti ini, “DIH! ANEH BANGET INI ORANG. DUREN DIKASIH LILIN. ORANG GILA.” Oke. Terserah apa kata mereka. Kita nggak peduli.

Dan setelah siap, kita langsung masuk ke rumahnya. TARAAAAAA!


Kurang satu personilnya~
Foto kiri (Kiri ke kanan: Tiwi, Amel, Shireen Sungkar)


2. Video-videoan
Ini cerita tentang kejutan ulang tahun dalam video. Pemerannya adalah orang-orang yang spesial bagi si dia yang sedang berulang tahun. Baru dua kali aku memberi kejutan seperti ini. Pertama di ulang tahun Kharis. Kedua di ulang tahun Aulia.

Video untuk Khay (Kharis). Aku sama Aul (Aulia) berencana bikin video di hari Minggu dan di hari itu pula kita sudah janjian sama gebetannya si Khay. Ada 2 gebetan yang akan kita minta videonya. Emang tante-tante dia mah, gebetannya berceceran di mana-mana. *kabur naik buraq*

Tenang aja, kita minta videonya di tempat yang berbeda kok. Kalo bareng-bareng nanti yang ada bikin video gulat antar gebetan. Singkat cerita pengambilan video para gebetan udah selesai.

Kemudian lanjut video aku dan Aul. Waktu itu kita bingung mau bikin video kayak gimana. Akhirnya di dalam PKM kampus, kita melihat ada helm dan sapu. Kita pakai peralatan itu dan nyanyi Happy Birthday. Lalu jadilah seperti ini, silahkan dibayangkan…

Foto ini sudah lulus sensor.
Sekarang giliran aku sama Khay yang bikin video untuk Aul. Video mulu, ye? Hahaha. Namanya juga anak kostan. Pengin ngasih kado, tapi yang nggak perlu ngeluarin uang banyak. Ya udah bikin video lagi. Eh? Ini malah nggak keluar uang sama sekali, ya? HUWAHAHAHA.

Walaupun bikin video lagi, kita bikin sesuatu yang beda di video ini. Kita ambil video orang-orang terdekat Aul, gebetan, teman kelas dan teman organisasinya. Kita jadikan satu. Dan seperti biasa, yang terakhir video dari aku dan Khay. Di sini bedanya. Video kita bukan lagi ucapan nyanyi-nyanyi kayak anoa ayan gitu. Kita bikin video “Ciri-ciri Aul” dan “Kebiasaan Aul”. Jadi, di dalam video itu aku yang jadi peraga “Ciri-ciri Aul” dan Khay yang jadi peraga “Kebiasaan Aul”. Kebayang nggak? Hahaha. Ya udah. Pokoknya gitu daaah. Aku kasih fotonya aja, ya. Kalian bayangin sendiri. ._.



3. Makan Besar
Ini jenis kejutan yang mengeluarkan dana. Paling enak, sih, yang makan-makannya dari yang berulang tahun. Makan gratis. #AkuCintaGratisan

Di ulang tahunnya salah satu kader BKC, Kang Ismed. Berhubung Kang Ismed ini yang tertua dan sudah punya penghasilan sendiri, jadi dia sang donaturnya. Hehehe.

Acaranya di kostan aku yang dulu. Lokasi ini dipilih karena tempatnya yang memungkinkan untuk bikin bakar-bakaran ayam. Yap. Kita masak bareng-bareng, yang beli cuma bahannya aja. Seru. :)


Nah, ini versi makan-makan yang sumber dananya dari si temen-temennya yang berulang tahun. Di ulang tahun Nia dan Lisa kemarin, anak kostan kasih kejutan buat mereka. Kejutannya: Makan ‘besar’.

Sebenarnya ulang tahun mereka nggak barengan dan udah lewat beberapa hari. Tapi, anak kostan sengaja menggabungkannya (biar irit -_-) dan sengaja ngasihnya telat (biar.. ngg… biarin aja, suka-suka kita dong).

Mungkin ini nggak pantes disebut kejutan, soalnya nggak ada adegan sembunyi-sembunyi terus tiba-tiba ada makanan gitu. Kita malah masak blak-blakan di depan orangnya. Biarin aja. Habisnya males. Ribet. :))

Ini dia fotonyaaa~

Jangan lihat dari makanannya, tapi maknanya. Ehm.
Juru masaknya cuma satu, si Teh Maba. Aku cuma bantu-bantu dikit, soalnya sore baru pulang kuliah.

Sederhana, kan? Nggak kayak namanya “Makan Besar”. Hmm.. Mungkin bagi kalian itu sederhana, tapi bagi anak kostan seperti kita itu ‘mewah’. Hahaha. :)


4. Setan-setanan
Ini kejutan ulang tahun yang lumayan membekas di dalam sanubari. Dan sasarannya adalah aku.

Kejadiannya setahun yang lalu.
Waktu itu aku ketiduran di ruang tengah. Tiba-tiba aku kebangun karena ada suara yang memanggil, “Rim… Rima… Rim…”. Tae. Merinding aku ngetiknya.

Aku yang memang susah dibangunkan ini masih belum sadar. Suara yang memanggil namaku itu pun makin membesar, “RIM… RIMAA… RIM…” Kali ini aku merasakan ada yang menggoyang-goyangkan kakiku.

Dan berhasil! Mataku mulai terbuka. Aku mengerjap, melihat sekelilingku gelap. Hanya lampu kamar yang hidup. Ketika penglihatanku mulai jelas, aku terkejut dan menutup mataku kembali. Dalam hati aku berteriak, “ANJIR! APA ITU BARUSAN, WOY?! SETAN?? MASA, SIH, SETAN??” Jantungku berdebar-debar nggak karuan. Bibirku komat-kamit baca segala doa yang aku bisa. Tadinya mau aku tendang pakai jurus karate, tapi aku berpikir itu hanya akan menjadi hal yang sia-sia, karena setan nggak bisa ditendang. Oke. Ini sok tau banget.

Perlahan aku memberanikan diri membuka mata. Aku lihat setannya udah nggak ada, aku pun langsung lari ke kamar.

Di kamar, aku nggak lihat Nia (teman sekamar aku). Aku mengecek ke kamar Lili, dan aku malah melihat setan itu lagi. Aku panik. Dengan bodohnya aku masuk ke kamarku lagi, sambil berteriak memanggil nama anak kostan, “NIAAAA! LILIIII! NITAAAA! PADA DI MANAAA, SIH??” Karena tidak ada jawaban, aku tidur sambil menutup kepalaku dengan bantal, kemudian menangis. GEMBEEEEL! CEMEN ABIS!

Selang beberapa menit, aku mendengar suara nyanyian lagu Happy Birthday. Tangisku semakin kencang. Batinku berteriak, “KAMPREEEET. AKU DIKERJAIN!” Demi, deh, malunya nggak bisa diukur lagi. Aku merasa jadi manusia paling hina saat itu. Terima kasih untuk teman-teman kostanku tersayang. BHAY!

Ini tersangkanya: Nita.

Di hari ulang tahunnya Nurul (Teh Maba), anak kostan ngerjain dia dengan modus yang sama; setan-setanan. Oke. Ini saatnya balas dendam. Aku tau, balas dendam itu nggak baik..

Nggak baik kalau cuma sekali. :))

Ceritanya, yang jadi setannya aku sama Nia. Di luar, kita sudah memakai atributnya. Listrik kita matikan, kostan sukses gelap total. HAHA! Teh Maba yang ada di dalam kostan bersama yang lain sukses panik. Waktu Teh Maba mau mengecek listrik, dia teriak, “AAAAAAAAAAK! APA ITUUUU? APAAAA?!” Kemudian dia mengunci pintu dan masuk ke kamar.

Anjir! Pintu dikunci. Gimana kita masuknya coba? Ya kali bisa nembus pintu. Mana bisa! Namanya juga setan bohongan. Pfft. -__-

Daripada kita di luar sampai pagi, kemudian melebur dengan angin malam, akhirnya aku sama Nia pun mengakui kebohongan ini.

Singkat cerita, pintu dibukakan kembali. Kita nyanyi-nyanyi sambil ngasih kue. Dan seperti biasa…. Foto-foto…. Hehehe.




Gimana? Ceritanya nggak jelas, kan? XD

Segitu aja cerita dari aku. Kepanjangan, ya? Terima kasih untuk yang udah buang-buang waktunya buat baca cerita ini dari awal sampai akhir. Terima kasih juga buat yang udah baca bagian awal atau akhirnya aja. Hehehe. :p


Mungkin dari kalian ada yang punya cerita tentang kejutan di hari ulang tahun? Bolehlah cerita-cerita di kolom komentar. Ya.. Kita saling berbagi aja… Lumayan, kan.. Ide baru buat ngerjain orang. Hahahaha. Thanks! \o/

You Might Also Like

36 komentar:

  1. Hihihi..
    Seru ya kalau dikasih kejutan gitu. Seumur-umur belum pernah dikejutin. Soalnya, nggak pinter berteman sih. Hahaha
    Dasar *nunjukdirisendiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah. Kapan ulang tahunnya? Sini aku kejutin...

      .. pake setrikaan. ._.v

      Hapus
  2. Anjir itu mah niat niat banget ya ngerjain ulang tahunnya haha bener bener pake konsep gitu. Temen temen gue mah boro boro deh, paling banter ngasih teh gelas waktu gue ulang tahun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. deritamu itu bang... hehe

      Hapus
    2. Wakakak. teh gelas? -_- jangan-jangan teh dalam botol lagi :D

      Hapus
    3. Teh gelas. Huahaha. Iya udah pernah baca ceritanya, Kak. XD
      Sabar, ya. Turut berduka cita. *pukpuk*

      Hapus
  3. Itu yang terakhir bener-bener KEJUTAN. Syerem :(
    Udah kayak mottonya Cherrybelle aja, 'Istimewaaaa!!" kalau bikin kejutan buat teman. Kompak banget gesreknya. Kalau dibikin girlband pasti laku keras :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku aja ketakutan. Takut yang aslinya ikutan foto. :(
      Hahaha. Iya kalo urusan ngerjain orang aja, kompak. :))
      Girlband apaan? Astagfirullah, Mbak.. Hahaha. XD

      Hapus
  4. Wuihhh, keren banget tuh kejutannya. kreatif, inovatif, efektif pula. hahaha
    Boleh kali ya copas idenya kamu kaka :p *wink*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beuh. Si Mbaknya berlebihan, ah. Hahaha. :)
      Boleeeh. Silahkan, Mbak. Ntar pembayarannya bisa langsung kirim ke rekening aku. :))

      Hapus
  5. “Carilah teman sebanyak-banyaknya dengan tanggal dan bulan lahir yang berbeda, niscaya kau akan sejahtera.” << ini nenek moyang apa aktifis kosan Rima? hahaha

    kejutannya gokil - gokil... Itu yang duren sama rambutan.. mantappp ! coba sih yang ulang tahun pas musim petasan... -_-

    Videonya kok ga dibagi sih? penasaran tau :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nenek moyangnya aktivis kostan. :))

      Hahaha. Mantap dong. Durennya manis~ :9
      Musim petasan = Bulan Ramadhan.

      Hemat kuota. :p

      Hapus
  6. betewe itu durennya uda mateng belum, masi ijo ijoo gitu hehehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah doong. Itu manis tauu, Mbak. :D

      Hapus
  7. Itu konsep yang video-videon kreatif nihh . . bisa nih ditiru yang niruin kebiasaan temen . .
    Coba ahh ntar . . soalnya bentar lgi dosen killer gue ultah sih . . jadi sekelas pengen bikin video tentang dia gitu . .
    Makasih . . gue culik yess ide lo rim . .?? :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleeh~ Silahkan~ Jangan lupa bayarannya aja, ya.:3

      Hapus
  8. hahaha absurb banget duren di pasang lilin,,hehe ikh kejutannya serem pake setan-setanan segala tapi seru ya :D

    BalasHapus
  9. Mentraktir temen kalo lagi ulang tahun itu memang sudah jadi budaya, kita harus lestarikan ini. Kalo taktik yang nomer 4 berabe tuh, misalnya yang mau ultah kan lagi tidur tuh, teman yang jadi setan pas udah mau teng 12 malam, dikejutin tuh yang mau ultah sama si teman yg kayak setan, kalo yang bisa nahan, bisa tuh jadi olahraga jantung. Kalo enggak? :v :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeah~ Mari lestarikan. -_-
      Hahaha. Kalo nggak ya bisa tewas kena serangan jantung mendadak. Astagfirulloh. ._.

      Hapus
  10. pasti mengejutkan banget tuh ada setan-setannya segala hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe. Iya, Mbak. Lumayan olahraga jantung..

      Hapus
  11. keren nih kejutannya, pake konsep. Itu yang durian dikasih lilin, antimainstream, kebetulan saya suka antimainstream. Kalo saya nggak pernah dapet kejutan ulang tahun, paling cuma makan-makan, dan saya juga nggak pernah merayakan hari ulang tahun, cuma dapet ucapan di fb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. Makasih.. Ucapan sama makan-makan jangan dibilang 'cuma'. :)

      Hapus
  12. Anjir itu horor anat yang setan2an. -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren, ya. Kayak beneran. Bakat alami. ._.

      Hapus
  13. Ini kode banget kayaknya, mentang-mentang bentar lagi ultah. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo kasih kejutan Yog, disetrum kek pasti terkejut.

      Hapus
    2. Yoga: Kode morse? Ciee mentang-mentang. :)
      Azizi: Makasih, Zi. Nggak usah.. Nggak usah sungkan-sungkan..

      Hapus
  14. Njirrr kenapa ada bagian gue sebagai tante-tante? Pasti itu drama banget. Ini mah tulisan untuk menguji kepekaan para pembaca ya Rim? Huahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang situ tante-tante. :p
      Ah, nggak. Ini tulisan buat bikin kamu terkenal. Seneng kan dibawa-bawa terus namanya? Sini bayar~ Ngahahaha!

      Hapus
  15. hahaha benar-benar kejutan ini mah,kalau ultah dapet duren yang dipasang lilin kayak gitu,pastinya gak akan pernah lupa,hehe soalnya beda dari yang lain. skenario kejutannya wah banget mbak,apalagi yang setan-setanan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe. Iya, Mbak. Makasih udah baca dan komentar. :D

      Hapus
  16. itu kalo lagi musim jomblo, hadiahnya apaan ya, berondong itu ya :3

    aku sih kagak pernah kalau buat video, apalagi ampe setan-setanan. Tapi kalau makan-makan sih sering, tapi dalam rangka traktir yg ultah, bukan kejutan xD

    oh iya, kalau aku sih sering ikut itu kejutan yg mainstream aja sih, jadi ceritanya ada masalah gitu, yg ultah dipojokin, sampai dia down banget, baru deh dihappy birthday in

    BalasHapus
  17. Buseeeet.. Duren ijo sebagai pengganti cake, rasanya sesuwatuh! Muahahah :D

    BalasHapus
  18. seru banget ceritanya hihihi. btw durennya bikin ngiler nih:(

    BalasHapus

Sudah selesai membaca? Terima kasih! :)
Komentar, yuk!
Sesungguhnya, sedikit komentar dari kalian akan berpengaruh besar untukku.

Rima bersabda:
"Barang siapa yang memberikan komentarnya dengan tulus dan ikhlas, maka akan dilipatgandakan jumlah viewers blognya."