Kelas Inspirasi

10.03 Rizka Ilma Amalia 35 Comments

Kelas Inspirasi Serang

Sedikit cerita tentang berbagi. Di dalamnya ada yang menginspirasi dan terinspirasi.

***

“Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. Tujuan dari Kelas Inspirasi ini ada dua, yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional, serta agar para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas, dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan kita.
Bermula dari teman-teman Indonesia Mengajar dan beberapa teman profesional yang ingin berkontribusi pada pendidikan Indonesia, lahirlah konsep Kelas Inspirasi. Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, para profesional pengajar dari berbagai latar belakang diharuskan untuk cuti satu hari secara serentak untuk mengunjungi dan mengajar SD, yaitu pada Hari Inspirasi.”

Mengenai tentang Kelas Inspirasi, selengkapnya bisa dilihat di website Kelas Inspirasi.

Kelas Inspirasi ini sudah berjalan di beberapa kota dan daerah, salah satunya di Serang. Ini Kelas Inspirasi Serang yang pertama, juga Kelas Inspirasi aku yang pertama. Berawal dari ajakan seorang teman untuk ikut bergabung dalam lingkungan positif, kepanitiaan Kelas Inspirasi Serang #1. Di sanalah hal-hal yang hebat dimulai....

Aku mengajukan diri untuk masuk di kepanitiaan sebagai Tim Recruitment. Di mana tugasnya memilih para inspirator-inspirator hebat yang akan mengajar di Sekolah Dasar yang ada di Serang dan sekitarnya. Cukup sulit, namun alhamdulillah dengan kerja tim semuanya dapat berjalan dengan baik.

Setelah melalui pembukaan pendaftaran untuk para inspirator dan dokumentator, tibalah hari pengumuman siapa yang terpilih dan dibentuk kelompok. Di sana, tugas tim recruitment selesai. Sudah selesai bukan berarti tidak membantu apa-apa lagi. Kami semua di sini saling bekerjasama untuk mensukseskan acara ini. Kemudian, tim recruitment disebar dalam tim yang lain. Aku saat itu diamanahkan untuk menjadi fasilitator di dalam kelompok 5. Fasilitator di sini perannya sebagai penghubung antara inspirator dan dokumentor dengan pihak sekolah, agar komunikasi dapat berjalan dengan baik. Ini pertama kalinya aku menjadi fasilitator. Saat itu aku belum tahu harus melakukan apa. Untung saja dalam satu kelompok ada 2 sampai 3 fasil. Dua fasilitator lainnya yang ada di kelompok 5 adalah Kak Dita dan Kak Ainul, mereka sudah memiliki pengalaman sebelumnya. Aku bersyukur, setidaknya aku bisa belajar dengan mereka.

Selanjutnya hari briefing. Hari di mana seluruh panitia, inspirator, dokumentator, dan perwakilan pihak sekolah bertemu. Namun, karena inspirator dan dokumentator kebanyakan sudah bekerja, tetap ada yang tidak bisa hadir pada hari briefing. Hari briefing di sini membicarakan apa saja yang harus dipersiapkan saat Hari Inspirasi nanti. Selain itu, di sini kami saling berkenalan. Aku bersyukur bisa berkenalan dengan orang-orang hebat. Mereka semua, dengan profesi yang berbeda, namun memiliki tujuan yang sama; menghidupkan mimpi dan cita-cita anak bangsa.

Lalu, tibalah Hari Inspirasi pada tanggal 28 September 2015.
Hari yang dinanti-nanti dan puncak setelah 3 bulan mempersiapkan semuanya bersama teman-teman Kelas Inspirasi Serang.
Kelompok 5 yang hadir di Hari Inspirasi adalah:
1. Kak Ale seorang Dokter dan Pendongeng hebat
2. Kak Manda seorang Ibu Bidan muda cantik nan energik
3. Kak Sidiq seorang Insinyur kece
4. Kak Tari seorang Psikolog juga Konsultan Komputer yang badai
5. Kak Dita yang seharusnya jadi Fasilitator pas Hari Inspirasi malah merangkap menjadi Inspirator, karena menggantikan Inspirator yang tidak hadir. Kak Dita ini seorang Polisi Khusus yang tangguh. Hatinya pun tangguh, tidak mudah dipatahkan. Iya, kan, Kak? Hehehe.
6. Pak Yayan seorang penyuluh tentang obat penenang. Terima kasih, Pak, sudah hadir. Hehehe.
7Kak Lio sebagai videographer
8. Kak Indra sebagai photographer
9Kak Arif sebagai photograper
Tiga dokumentator yang jagooo abiiis.
10. Kak Ainul sebagai fasilitator yang sabar dan kuat menghadapi aku...
11. .... Aku... Rima, sebagai fasilitator yang masih ingusan dan bocah sendiri

Para relawan pengajar dan dokumentator yang rela cuti sehari untuk hadir di Hari Inspirasi. Kami, kelompok 5 ditempatkan di SD Negeri Sukamenak. Lumayan jauh dan agak pelosok. Kami berangkat dari jam setengah tujuh pagi. Niat kami sampai di SD jam tujuh, agar bisa ikut upacara bendera hari Senin. Namun, niatan itu tidak berjalan, karena suatu kendala. Aku yang tahu lokasi SD Negeri Sukamenak memimpin jalan. Seperti yang kalian tahu, aku ini orangnya lupaan dan suka nyasar (oh, nggak tahu, ya? -_-). Dan begitulah, Rima seorang fasil durhaka menyasarkan para Inspiratornya.

Singkat cerita, kami semua sudah sampai di SD Negeri Sukamenak dengan selamat berkat bertanya dengan orang di pinggir jalan. Satu hal yang disayangkan, kami melewatkan upacara benderanya. Dengan persiapan yang ada, kami memulai acara Hari Inspirasi.

Pertama acara pembukaan, berkenalan dengan anak-anak SD di lapangan. Meskipun tidak sesuai rencana, acara pembukaan tetap terlaksana.







“Halooo! Nama aku Rimaa,” ucapku dengan lantang dan sangat gemetaran. “Halooo,” jawab mereka. Kemudian hening. AAAAAH! Aku deg-degan sekali saat itu. Aku suka anak kecil. Biasa bermain dengan anak kecil. Tapi, saat dihadapkan dengan anak kecil yang jumlahnya banyak... menurutku itu tidak mudah. Super sekali untuk seorang guru yang sudah mengajar bertahun bahkan puluhan tahun. Hari ini, tugas seorang guru akan digantikan oleh para Inspirator. Membiarkan para Bapak dan Ibu guru di sana beristirahat sejenak.

Selanjutnya acara inti, para Inspirator masuk ke kelas dan mengajar selama 30 menit untuk satu kelas. Setelah waktu habis, para Inspirator bergantian kelas sesuai dengan jadwal yang sudah disusun. Para Inspirator ini sangat keren. Mereka membawa peralatan dan peraga untuk bahan mengajarnya. Kreatiiif! Aku hanya mengawasi dan sesekali bantu mengisi ice breaking. Sekali masuk ke kelas, aku deg-degan dan keringat dingin. Namun, kedua kalinya aku mulai bisa berinteraksi dengan adik-adik ini. Sangat menyenangkan dan kurasa... aku mulai ketagihan. Aku ingin masuk kelas lagiii! Aku kangen SD Negeri Sukamenak! :’)

Kak Manda

Kak Ale

Kak Sidiq

Kak Tari

Kak Dita

Pak Yayan

Kak Arief

Kak Indra

Kak Lio

Rima, Kak Dita, Kak Ainul

Terakhir, acara penutup. Adik-adik SD Negeri Sukamenak menuliskan cita-citanya di kertas origami yang kemudian dibentuk menjadi kapal terbang. Lalu kapal terbang yang berisi tulisan cita-citanya diterbangkan bersama-sama.  Wuuuuusssh!




Kelompok 5 menampilkan senam dengan backsound lagu CJR – Terhebat. Kocak. Hahaha. Tanpa latihan sebelumnya, kami langsung mengikuti Kak Dita sebagai instrukturnya. 




Sebelum pamit untuk pulang, kami melakukan penanaman pohon dan penyerahan sertifikat ke sekolah sebagai kenang-kenangan. Terima kasih SD Negeri Sukamenak!



***

Kelas Inspirasi. Meskipun banyak hambatan dan kendala, semuanya sudah kita hadapi bersama-sama. Kalian, teman-teman semuanya hebat. Banyak pelajaran dan pengalaman berharga dan sangat-sangat luar biasa yang aku dapat di sini. Begitu banyak kesalahan yang aku buat. Aku dengan segala kerendahan hati mohon maaf. Semoga bisa dijadikan motivasi dan pelajaran buat aku untuk ke depannya. Terima kasih semuanya. Terima kasih Kelas Inspirasi Serang. Senang bisa bertemu dengan orang-orang hebat seperti kakak-kakak semuanya. Semoga hubungan ini tidak berhenti sampai di sini. Semoga masih bisa bertemu di lain kesempatan.
Mari berbagi! Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?
Semangat membangun mimpi anak Indonesia!
Salam Inspirasi!

MERRRRRRIIIIIIIIAAAAAAAAHHH~

Hayo, aku yang manaa? :3

You Might Also Like

35 komentar:

  1. Wah keren ya kegiatannya, gembel sekali gue baru tau ada kelas inspirasi ini. Pasti jadi pengalaman yang gak bakal dilupain banget ikut ini. hehehe.

    BalasHapus
  2. Wah, kenangan yang tak terlupakan..

    Aku paham sih waktu pertama kali berbicara di depan kelas dan sebagai pengajar.. emang deg degan tapi lama kelamaan menjadi biasa ..

    Enggak tau kamu yang mana, abis fotonya rame rame dan dari agak jauh pula, jadi kelihatan hampir sama semua hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Arum guru, yaaa? Whoaaaa. Keren. Iya, bisa karena terbiasa.

      WKwk. Beneran dicariin? :'))
      Yaampuun. Cini peyuuk. {}

      Hapus
  3. anjir. Udah komen jadi komen lagi. -__-
    Internet tau-tau mati.

    Ngomong sama anak kecil gitu grogi? Jangankan sama mereka, sama temen sekelas pas presentasi juga kadang gemeteran. :))
    Btw, itu mensukseskan emang ada? Kayaknya huruf KTSP lebur deh. Jadinya menyukseskan. CMIIW :D

    Hm, menuliskan sebuah cita-cita di kertas origami lalu dibikin jadi pesawat dan menerbangkannya. Boleh juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mensukseskan. Wkwkwk. Iya salah. Makasih udah ngingetin.

      Leh ugaa~

      Hapus
  4. Gak nyangka daerah dekat kampung halaman nenek saya ada program bagus kaya gini,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whoaa. Neneknya di mana? Jangan-jangan nenek kita sama....

      Hapus
  5. akhhh gue pengen banget nih ikut kegiatan ini cuma spersifikasi *bener ga bahasanya* gue gak memenuhi :( ya intinya gue gak masuk salah satu persyaratannya ..padahal gue pegen banget ikut ini

    BalasHapus
  6. akkhhh kerennn banget ma.. kok gak ngajak aku sih?? huhuh

    tapi aku aku bisa lolos kriteria yah? hahaha

    BalasHapus
  7. KECE BET!

    Semoga makin banyak anak muda yang tergerak untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Btw hasil jepretannya leh ugha.

    Salam kenal ya, Rim! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. YAY~

      Aamiin. Iya, tuh. Hasil dari fotografernya. Hehe

      Salam kenal juga, Irfan. :)

      Hapus
  8. kereen. ikutan kelas inspirasi~ ikutnya susah gak sih? kalau mahasiswa bisa ikutan berarti yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak jugaa. Bisaa. Jadi relawan fotografer atau videografer. Hehe.

      Hapus
  9. udah sering baca ulasan kelas inspirasi ini. Keren emang program yang satu ini :D

    BalasHapus
  10. Ini semacam literasi?
    Ketagihan bacanya :D
    Mantap, saya terinspirasi sekali dengan kelas inspirasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanpa kamu sadari, tulisan ini ada narkobanya....
      Mantaap~ ^^

      Hapus
  11. KAKAK BANGGA SAMA KAMU, DEK.
    Aku sempat mau ikutan KI Jkt, tapi dulu aku udah ikut SKR jadinya usaha fokus satu dulu muehehe syemangat :*:*:*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ADEK SAYANG SAMA KAMU, KAK.
      SKR apa, kak? Yang penting sama-sama untuk tujuan baik.
      Sip. Semangaaat jugaaa. :*:*:*

      Hapus
    2. Sekolah Kita Rumpin. Itu sekolah non-formal di Bogor. Suasananya bikin jatuh hatilah. Uwuwuwuw

      Hapus
    3. Oohh. Jauh amat Bogor. Hahaha.

      Hapus
  12. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Nah, kegiatan positif seperti ini yang harus digiatkan di Indonesia. :)
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    BalasHapus
  13. Waaah, asik banget nihhh..
    tulisan ini menjawab pertanyaan gue yang terlupa,
    gue awalnya gatau apa-apa tentang kelas inspirasi ini, sebelumnya gue pernah liat di malang, waktu maen di mall gue lihat ada semacam perkumpulan gitu lagi ngasih pameran tentang kegiatannya, tapi itu yang gue lihat cuma dokumentasi acara doang, jadi gue gagal paham, karena emang cuma lewat doang, gak tanya-tanya juga.

    Yah gue ikut ngedukung aja deh, semakin banyak yang ngadain kelas inspirasi kek gini, bakal bikin generasi muda mampu mewujudkan mimpinya.

    BalasHapus
  14. Wohooo seru ya?! Anak-anak sebanyak itu past gemes-gemes nyebelin gitu kan rim? Udah jujur ajaa.

    BalasHapus
  15. Pas blogwalking dan sampe ke blog ini, liat profil adminnya, ternyata satu kota sama gue, gue dari serang juga. Riska, gimana ngajar anak SD? Seru? Ada serunya, nakalnya, minta diperhatiin terus sama suka maen games kaya ice breaking, well, dari kota serang ke cikeusal lumayan jauh loh, jarak jauh nggak jadi pengahalang buat berbagi, iya kan, Rizka? Good story, I enjoy reading it.

    Blognya udah gue follow ya, ditunggu follow backnya. :)

    Salam Kenal
    Agung Kharisma
    Daily Blogger Pro

    BalasHapus
  16. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

    BalasHapus

Sudah selesai membaca? Terima kasih! :)
Komentar, yuk!
Sesungguhnya, sedikit komentar dari kalian akan berpengaruh besar untukku.

Rima bersabda:
"Barang siapa yang memberikan komentarnya dengan tulus dan ikhlas, maka akan dilipatgandakan jumlah viewers blognya."