[IDVolunteering] Buka Mata, Memanusiakan Manusia

08.48 Rizka Ilma Amalia 72 Comments

IVD2015


Ini tentang Buka Mata yang membuka hati siapa pun yang melihatnya. Termasuk aku yang sudah jatuh hati sedalam-dalamnya pada Buka Mata––suatu komunitas sosial––yang ada di Desa Cikerut, Kota Cilegon, Banten.

***

Aku ingat saat pertama kalinya bergabung dengan komunitas Buka Mata. Aku mengetahui adanya komunitas ini dari salah satu teman blogger-ku, Aulia.
Aku bukanlah orang hebat yang sudah memiliki jabatan di pekerjaan. Aku hanyalah mahasiswi biasa yang ingin sedikit saja sebagian dari hidupku dapat bermanfaat bagi orang lain, lalu bahagia bersama. Dan berbagi adalah caraku untuk bahagia. Menurutku, berbagi tidaklah melulu soal uang dan uang. Bercerita, belajar, tertawa, menyanyi, dan menari bersama pun beberapa hal yang bisa dibagikan. Jika kita belum memiliki uang, kita masih memiliki tenaga, pikiran, ketulusan, dan waktu yang dapat kita bagi. Bukankah bahagia itu sederhana? Lalu, dari sinilah aku memutuskan untuk bergabung dengan teman-teman Buka Mata sebagai volunteer. :)

Buka Mata didirikan pada tahun 2014, dan baru diresmikan pada tahun 2015. Aku sendiri baru bergabung tahun 2015 ini. Izinkan aku menceritakan sedikit apa saja yang ada di Buka Mata.
Pertama, tentu ada tujuan dan beberapa kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut.
Kedua, ada adik-adik dari berbagai usia––mulai dari balita, TK, SD, dan SMP––namun, yang paling mendominasi adalah usia Sekolah Dasar. Meskipun masih usia dini, rata-rata dari mereka sudah bekerja. Mereka mengumpulkan botol-botol plastik dan sebagainya, lalu ada juga yang mengamen. Itu semua mereka lakukan untuk membantu orangtuanya atau sekadar untuk mendapat uang jajan.
Ketiga, ada kakak-kakak sukarelawan yang bersama-sama membangun Buka Mata.

Suasana panas dan gersangnya Desa Cikerut sangat melekat di ingatanku. Lokasinya dikenal sebagai tempat produksi batu bata. Sehingga, ketika kamu memasuki gang di Desa Cikerut, kamu akan menemukan bertumpuk-tumpuk batu bata. Jika kamu terus berjalan lurus, kamu akan menemukan dua buah pohon seri dan banyak anak-anak yang bermain di bawah atau bahkan di atas pohonnya. Di sanalah Buka Mata berada, duduk beralaskan tikar dan bernaung di bawah dedaunan seri bersama adik-adik Cikerut.

Pertama kalinya aku ikut berpartisipasi dengan teman-teman Buka Mata adalah saat kegiatan EduProject.

"Membaca itu bikin kita sukses. Kalau ingin sukses, bacalah sekuat otakmu." - Hilma

Saat itu kami memberikan edukasi kepada adik-adik yang membutuhkan. Nggak ada pelajaran khusus seperti yang sudah terjadwal di sekolah-sekolah. Ini bebas saja. Bisa belajar membaca, menulis, menggambar, membuat prakarya, membantu mengerjakan PR sekolah yang kurang dipahami, ya, apa saja, intinya hal-hal yang positif. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap hari Sabtu atau Minggu.

Kegiatan EduProject hari itu ditutup dengan kreatifitas membuat roket.
Sebelum pulang, kami menerbangkan roketnya bersama-sama. Terasa sekali suasana riang dan gembira di tengah siang bolong hari itu. Semangatnya adik-adik Cikerut pecah sekali. Aku jadi ikutan bersemangat.

Ayo, pompaaa!

Sama sekali tidak ada kata menyesal aku menjadi bagian dari Buka Mata. Rasa bahagia saat bisa berbagi hal-hal sederhana dengan adik-adik Cikerut ini menjadi candu tersendiri untukku. Aku berharap selalu diberikan waktu lebih agar terus bisa hadir di antara mereka. Aku tak peduli akan jarak Serang – Cilegon yang kutempuh. Rasanya itu sama sekali bukan masalah untukku. :)

Selain EduProject, ada juga kegiatan StreetProject atau biasa disebut juga dengan SweepStreet. Kegiatannya yaitu berbagi makanan kepada mereka yang membutuhkan. Kami tidak hanya membagikan makanan untuk pemulung, pengemis, anak jalanan, tapi juga untuk ODMK (Orang Dengan Masalah Kejiwaan). Kami lebih sering menyebutnya OMG (Orang Mungkin Gila). SweetStreet ini nggak sekadar ngasih makanan ke OMG, kemudian pergi. Nggak. Kami juga mengajak ngobrol OMG. Terkadang ada teman-teman yang sampai dikejar oleh OMG. :D


Peace

OMG

Di sini Buka Mata punya hashtag #MemanusiakanManusia. Ayo kita memanusiakan manusia! \o/

Dan satu lagi kegiatan di Buka Mata, yaitu VillageProject atau bangun desa. Di sini Buka Mata mengupayakan agar Desa Cikerut bisa berkembang dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap segala bidang. Terutama bidang pendidikan dan kesehatan.
Alhamdulillah, pada tanggal 15 November 2015, Buka Mata mengadakan acara peresmian “Saung Edukasi” di Desa Cikerut. Kami sangat bersyukur sekali, kehadiran Buka Mata dan pembangunan Saung Edukasi didukung keberadaannya. Saung ini dibangun oleh teman-teman Buka Mata sendiri dan tentunya dengan dukungan warga Cikerut. Saung ini dibangun sebagai tempat belajar atau kegiatan EduProject dan sebagai taman baca. Kini adik-adik Buka Mata bisa belajar di tempat yang lebih teduh dan tidak lagi beralaskan tikar. Semoga dengan dibangunnya Saung Edukasi ini bisa menambah semangat belajar adik-adik di Desa Cikerut.

Saung Edukasi

Peresmian Saung Edukasi

Aku sempat kaget, kalau di Desa Cikerut dulu belum ada MCK. Untuk buang air besar pun mereka sulit. Namun, Alhamdulillah pembangunan MCK sudah terlaksana. Dan semoga kelak pembangunan untuk tempat kesehatan, seperti Posyandu dapat menyusul. Aamiin.


***

Untuk mendukung kegiatan tersebut di atas, juga untuk beasiswa sekolah, Buka Mata mendapatkan sumber dana dari: mengamen, usaha, menerima sumbangan dari orang-orang yang ingin memberi sebagian rezekinya, dan sebagainya.

Akhir kata,
“Jangan takut untuk berbagi. Karena dengan berbagi, kamu tidak akan pernah kehabisan atas apa yang kamu bagi. Justru malah semakin bertambah, dan bertambah lagi.”
 Aamiin.


Info lengkap, bisa follow:
IG: BukaMata_org
Twitter: @Banten_BukaMata


Terima kasih. ^^

You Might Also Like

72 komentar:

  1. Salut sama organisasi kemausiaan bgni. Kalian rela ngorbanin waktu, tenaga, pikiran, materi, kalian demi nolong org lain. Smoga Tuhan slalu memberi kalian kelancaran dlm segala hal. Maju trus ya Buka Mata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yaa rabbal alamiin. Terima kasih, Adjiii. ^^

      Hapus
  2. maju terus buka mata karena kalian rela mengorbankan banyak hal untuk orang lain
    chord gitar

    BalasHapus
  3. Organisasi yang bagus. Semoga bisa berkembang menjadi besar dengan tidak melupakan ketulusan dan niat awal. Semangat terus! Gbu all

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga, yaaa. Terima kasih, Ameeeel. ^^

      Hapus
  4. Wah... bagus nih organisasinya....
    supaya bermanfaat kepada orang lain....

    BalasHapus
  5. Itu dana yang didapat dari ngamen kira-kira yang ngamen siapa?. anak-anak kah?.
    Aku selalu dukung kalo ada organisasi kayak gini. Ini membangkitkan kepedulian yang lain juga untuk bisa berbagi. Semoga sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggaak. Volunteer Buka Mata-nya. Ada divisi yang untuk galang dana. :)
      Terima kasih mas Sahid dukungannyaa! Aamiin. ^^

      Hapus
  6. Mantap Rizka :) gue selalu kagum sama org yag berjiwa sosial tinggi.

    #MemanusiakanManusia sama kayak motto kampus gue rizka
    SI TOU TIMO TIMU TOU yg artinya adalah hidup untuk memanusiakan manusia lain. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap. Terima kasih mbak Diaan. ^^

      Ohya? Kereeen samaan! Hehe. :D

      Hapus
  7. APakah dengan gabung di Komunitas ini, lo akan mengerti bagaimana membuka mata dengan baik? "Bukan gitu, ya?" Hahaha

    Wah, Pangeran sempet takjub dan kaget banget (lebay) ngeliat seorang Rima yang super kocak, ternyata memiliki hati yang sangat tulus untuk berbagi. "Duh... jadi pengen menafkahi. hahaha"

    Sejak awal, gue selalu yakin, bahwa orang-orang seperti kalianlah yang sejatinya punya hati yang lebih tulus dari orang lain. Kata seloga 'Memanusiakan Manusia" acara pilihan yang sangat tepat. Harapannya, semoga Buka Mata tetap terus bisa berjalan dan berbagi. Karena, sejatinya berbagi itu sungguh indah.

    Kamu hebat, nak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih, ambigu Pangeran mah. Bukaaan. Hahaha.

      Duh, super kocak. Kayak Hero aja. Aku gak super-super banget, kok. Rima kan kalem. :')
      Aamiin. Aamiin. Nafkahi, doong~ Nafkahi boleh, tapi jangan nikahi~ Ngahaha? ._.

      Terima kasih, Pangeran. Terharu. :')

      Hapus
  8. Saya selalu mengapresiasi mereka yang peduli dalam arti bener2 peduli. Tidak hanya cuap2 di dunia maya, tidak hanya bikin aksi save ini save itu, tagar ini tagar itu. Buka Mata adalah salah satu komunitas (saya kurang paham harus menyebutnya apa) yang menjadi pahlawan di masa kini. Semoga bisa menginspirasi kita semua untuk selalu peduli dengan sekitar. Di jaman yang super duper invidualis ini, perlu lebih banyak Buka Mata - Buka Mata yang lain. Selamat, surga menunggu kalian semua, insya Alloh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih mas Taufik dukungannya. Ayoo buat gerakan di sana seperti Buka Mata. :'D

      Hapus
  9. Salut sama kamu rim. Rela berbagi waktu itu suatu hal yg sulit dilakukan. Jadi pengen ikutan buka mata juga. Semangat terus buka matanya, jangan sampai tertutup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoklah, harus dan musti ikuuut. ^^
      Hahahaha. Lawak! Okaaaay. Terima kasih Nia semangatnya~ uwuwuw.

      Hapus
  10. Kereeeen :') kegiatan gini nih yang berguna :3

    himpunan kampusku juga udah mulai bikin acara kemanusiaan gitu. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, jadi nggak enak. Aku nulis postingan ini sama sekali nggak ada niat dan maksud untuk dapet pujian atau apalah. Aku cuma mau berbagi cerita, mas. Syukur-syukur kalau ada yang terinspirasi dan ada yang mau bantu atau gabung ke Buka Mata. Hehe. :')

      Bagus itu maas. Lanjutkaan!

      Hapus
  11. Keren artikel tentang kegiatan vollunter begini, kebahagian tidak dilihat hanya dari materi tetapi bahagia itu sederhana itu seperti berbagi ke sesama yang membutuhkan dan juga menolong orang gila untuk dibawa pulang lalu diurus dirumah atau kosan. Saya salut sama te rima yang hebat mau jadi vollunter membantu sesama dan juga semoga komunitas Buka Mata ini makin besar seperti matahari yang begitu besar. Dan juga saya berdoa kepada kaka, sahabat dekat , teman dekat semoga Te rima menjadi penulis hebat dan juga banyak menginspirasi banyak orang termasuk saya sebagai Junior (ganteng) seperti saya dan juga baik ini. :) Good luck te rima semangattt!! Ganbatte ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak dibawaa pulang jugaaa OMG-nyaaa Idhaaam. :(
      Ya Allaah. Doa-mu, Dhaaam. Semoga tulus mendoakannya. Semoga dikabulkan. Aamiiin. Aamiin. Terima kasih Idhaam. Meskipun kamu lebih banyak ngeselinnya dan durhakanya, tapi ada sedikit pedulinya juga ternyata. Daaan.. Mending buruan sini sungkem sebelum saya kutuk jadi gantungan kunci kotak amal! Hhhh.

      Hapus
  12. TaaaaDaaaaaa🙌
    Kebahagiaan adalah saat kita berbagi dengan sesama lalu menyatu bagai zigot.
    Keren rim keren,konsisten peduli jangan hanya semangat di awal bergabung tapi teruslah berbagi kebahagiaan. Karena tanpa kebahagiaan pasti ga bahagia,tanpa bahagia kita sulit menerima dan merasakan apa itu bahagia dan kebahagiaan. Maap yak nyorat nyoret di kolom komentar karena kalo di kolom renang tenggelam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaaap! Semangat 45! Ayo ikutan jugaaaa.
      Hahaha. Sialaaan. Okeee. Bebas. Coret saja sesukamuu. :')

      Hapus
  13. Seneng banget bisa berbagi kebahagiaan.

    Semoga "Buka Mata" ini bisa terus berkembang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa. Aamiin. Aamiin. Terima kasih Kariin. ^^

      Hapus
  14. Sebuah komunitas yang hebat banget ni ga cuma buat berbagi dalam satu organisasi saja tapi bisa mengorbankan waktu, pikiran tenaga untuk orang-orang yang membutuhkan, semoga buka mata selalu bisa menjadi yang terbaik selalu membantu banyak orang lagi,

    BalasHapus
  15. Salut bgt rima skrg sudah tidak sprti rima yg dulu, skrg sudah memperbaiki diri dg bs bermanfaat bagi org lain.. Kalo dulu dimanfaatkan org lain :") trs semangat rima odongnya otong muah:*



    -otong yang cantiq-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apaaaa cobaaa. Kayak lagu aja. :')
      Sialan, yaaa. Anjir banget dimanfaatkan. Bhahahhaa. Jangan di sini apa Tooong. Ayo lakukan perubahan! Mari menjajah mantan! Eh! :|

      Semangat juga Otongnya Odong~ mwaahh. :*

      -Odong yang manies-

      Hapus
  16. Gue kenal sama nih penulis. Walaupun cuma kenal beberapa hari di sebuah acara Pemerintahan, tapi ada sebuah semangat yg entah itu semangat apa dari senyuman dia. Biasa dipanggil Rima. Dan sekarang, gue baru tau ternyata kakak gemez ini punya jiwa sosial yg tinggi.
    Dari pertama baca, percaya ga percaya, gue udah tersentuh sama cerita ini, begitu pula dengan Komunitasnya. Mereka berbagi apapun yg bisa mereka bagi. Walaupun kecil makanya bagi sebagian orang. Ilmu dan semangat. Komunitas yg mungkin di tempat gue masih belum ada. Mungkin.
    "Berbagi tak selamanya berupa Materi. Apapun itu, kita harus saling memberi. Kita manusia, mulailah manusiawi. Berbagilah pada mereka sebuah senyuman, yg mungkin utk mereka sangat berarti."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaaaaa. Bangajiiiik. ♥
      Abangnya aku yang mirip Benaaakribo. Jadi terharuuu. :')

      Aku juga tersentuh begitu gabung ke Buka Mata. Banyak hal yang nggak bisa diungkap dalam kata, hanya bisa dirasakan. Ayo berbagii, baang. Ayo bermanfaat. Semangaat! ^^

      Hapus
  17. Luar biasa, kegiatan yg seperti ini sangat bermanfaat, terus semangat rima tularkan semangat mu kepada tman2 yg lain, jadilah manusia yg bermanfaat, karena sebaik2 manusia adalah yg bermanfaat bagi sesama..

    BalasHapus
  18. Om Om pemalu kayak aku gini gimana mau ikutan yah :(

    Salam hangat dari Banjarmasin @ayead

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang Ayiieeed. Hahaha. Om-om sejati, yaaa? Pemalu apa cobaaa? Bohong, ah. :(

      Salam hangat untuk teman-teman Banjarmasin dari Serang, Banten. @rimiracleme

      Hapus
  19. Salut sama Mba. Menginspirasi banget. Berbagi kepada sesama itu hal yang luar biasa. Semangat selalu ya Mba,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Aamiin. Terima kasih, mbaak. ^^

      Hapus
  20. keren suka salut sama organisasi kemanusiaan kaya gini. bener2 tulus. lanjutkan. semangat terus, mba.

    BalasHapus
  21. Selagi masih muda, masih sehat, masih bisa melakukan hal-hal postif, lakukanlah. Semakin banyak orang-orang yang ikut kegiatan sosial seperti ini, negara kita bisa lebih baik.
    Tetap semangat. Dan yang terpenting jangan lupa dengan niat dan tujuan awal mengikuti kegiatan ini. :)
    Jaya terus Buka Mata.

    BalasHapus
  22. Berbagi memang bisa dalam bentuk apa saja. Yang penting kembali lagi pada niatnya, musti tulus, tanpa pamrih. Semoga makin banyak kegiatan seperti Buka Mata ini. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Ayoo berbagi! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Ayoooo! Semangat-semangaat! ^^

      Hapus
  23. Keren sis.. semakin banyak organisasi atau komunitas kerelawanan seperti ini, termasuk Buka Mata. Dan semoga semakin banyak generasi muda yang punya semangat dan jiwa sosial kayak kamu...dan semoga bisa terpilih jadi finalis event ini yaaa.ahh, sayang sekaoi baru tau sekarang. Coba klau beljm telat aku juga mau ikutan. Kalau di Jakarta, ada yang namanya Kopaja, Komunitas Peduli Anak Marjinal. Semoga bisa mengispirasi yang lain ya sis.SEMANGAAATH!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin. Terima kasih doa dan dukungannya mbak Meyykeee. ♥
      Yaaah. Sayang sekali. Padahal ini udah diperpanjang, dikasih tambahan hari. :(
      Salam untuk teman-teman Kopaja, mbaaak.
      Semangaaat! ^^

      Hapus
  24. Emang kebahagian tersendiri ya kalau udah ikut acara begini, kapan2 ajak aku dong rim :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa. Ayok, ke sini ajaa. Ke Serang. Nanti kita ke Cilegon bareng. Kegiatannya Tiap hari Mingguuuu. :D

      Hapus
  25. sukarelawan memang merupakan pekerjaan yang mulia cuy.
    hebat ya buka mata, terkadang manusia memang dilakukan seperti bukan manusia. jadi benar lah itu, lebih baik kita memanusiakan manusia. buka mata gokil... nanti gue ikut juga ah, buka hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin! Yosh! Bukaanya jangan lebar-lebar ntar masuk angiiin. Ntar yang masuk orang yang sembarangan. Ntar disakiti lagi. Hahahaggz~

      Hapus
  26. Satu lagi komunitas sosial yg keceh! Keren banget kak! Mdah2an smakin banyak ya komunitas sosial sprti ini :) Dan aku jg setuju, berbagi itu gak melulu soal uang, bsa berbagi cerita, brbagi ilmu, brbagi kbahagiaan, dll.
    Seru yaa kbnyakan anak SD, bsa sklian maen bareng, kmbali ke masa2 SD, duuhh senangnyaa! :D Aku mau ikutan bikin roketnya donngggg.. Hihi.

    VillageProject-nya juga keren kak, aku gabisa bayangin kalo gak ada MCK gtu :( Tp Alhamdulillah skrg udh dibikin yah :) Smga pembangunan untuk tempat kesehaatan jg bsa dibangun scepatnya yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. Ayooook ikutan bikin roketnya~ Kita meroket bersama. Acieee~ :))

      Iyaa. Aamiin. Terima kasih Luluuu doanyaaa. :')

      Hapus
  27. Aaaak seru ya rim. Gue juga harus pernah ikut kayak gituan sebelum mati. Aamiin. Well, walopun gak tahu sih sampe sana mau ngapain, tapi niat dulu. Hehehe.

    BalasHapus
  28. Semoga komunitas ini bisa terus aktif dan hidup membantu yang membutuhkan ya rim, semangat :)

    BalasHapus
  29. Semoga komunitas ini bisa terus aktif dan hidup membantu yang membutuhkan ya rim, semangat :)

    BalasHapus
  30. Salut ! Semoga ini terus berjalan, dan sama makin banyak yang bergabung. semakin banyak juga orang2 yang mempunyai harapan dengan memanusia kan manusia ! Semangat !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yipiiiiiiy. Semangat juga untuk Liliiiii. \o/

      Hapus
  31. Seneng rasanya ada gerakan seperti ini. Peduli sesama. Jadi iri dengan kalian, deh.
    Apalagi itu seket tempat tinggalku sendiri.
    Kapan kapan kalo pulang ke Serang jadi pengin ikutan.

    Eniwey itu di foto yang ada poster saung edukasi, di samping yang megang mic, itu Akbar, kan?
    Salamin buat dia , ya. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, kakak orang Serang? Hayuk atuh kaaak.

      Hahaha. Wah, temannya kak Akbar? XD

      Hapus
  32. Keren nih ikutan beginian jadi bisa bikin kita gak liat keatas terus terusan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep. Sesekali lihat ke bawah dan sekitar yang terdekat. :)

      Hapus
  33. wihh bijak bijak boleh lah kata2nya gue setuju nih, jgn berhenti berbagi ya neng

    BalasHapus
  34. Hm, Buka Mata. Namun, masih banyak manusia yang matanya belum terbuka dan kurang peduli terhadap sesama.
    Cuma mau nanya, anak Buka Mata udah buka hati belum? *kemudian kabur naik gerobak bakso*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka hati? Gimana bukanya, kuncinya kan kamu buang. :/

      Hapus
  35. Rima udah cantik hatinya juga cantik :))
    Semoga kita para generasi muda juga nggak berat untuk ngelakuin hal-hal bermanfaat kayak gitu ya. Bukan cuma buka mata untuk sosmed tapi juga buka mata untuk kepedulian bersama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih Neng Deva bisa aja. :))
      Aamiiin. Semangat neng geulis~ woyoh woyoooohhh!

      Hapus
  36. huaaaahhhhh :D bikin envy yah kegiatannya seru dan menginpirasi banget rimmiii. pasti kamu bahagia banget yaa bisa terjun langsung gitu (dan yang pastinya gak musti pakai parasut :P) dan banyak bertemu dengan teman baru :D
    semoga kegitan yang dilakukan oeh buka mata yang misinya menyelamatkan dunia manusia ini bisa berlanjut dan terus bisa menjadi inpirasi buat semua orang yaaa :D Aamiin
    Keep Ganbatte yaa buat buka mata semua orang yang wajib sadar akan pentingnya sesama manusia :D
    Sukses buat buka mata :D
    By: nimasentimeter *\(^O^)/*

    BalasHapus
  37. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/lNMX3D | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://goo.gl/RkuB4G | http://bit.ly/1Mwgw3U | http://bit.ly/23ABPpR |

    BalasHapus
  38. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ | http://pkcinema.com/
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK

    Nonton Movie
    Prediksi Bola
    Kumpulan Berita Menarik
    Nonton Film Dewasa
    Bandar Bola
    Agen Bola
    Agen Casino
    Agen Bola Terpercaya
    Main Dominoqq
    Agen Poker
    Bandar Ceme
    Agen Capsa
    Agen Poker Terpercaya

    Terimakasih admin..
    salam kenal ^_^

    BalasHapus

Sudah selesai membaca? Terima kasih! :)
Komentar, yuk!
Sesungguhnya, sedikit komentar dari kalian akan berpengaruh besar untukku.

Rima bersabda:
"Barang siapa yang memberikan komentarnya dengan tulus dan ikhlas, maka akan dilipatgandakan jumlah viewers blognya."